Belitung Kriminal News

Sidang Tipiring Penjual Miras Dikenakan Denda Subsider Oleh Pengadilan Negeri Tanjungpandan

Belitung, kabarbelitung.co.id – 2 Orang Tersangka kasus Penjualan Miras RS(37) dan RT(34) menjalani sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) diKantor Pengadilan Negeri Tanjungpandan Hakim tunggal Pengadilan Negeri Tanjungpandan mengetok ke 2 Tersangka dengan Denda yang berbeda. Senin (15/03/2021).

Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak ST Purba S.H, S.IK didampingi oleh Kasat Shabara Iptu Abdul Haris seizin Kapolres Belitung AKBP Ari Mujiono S.IK, M.H., diruang kerjanya mengatakan

“Sidang Tipiring ini dilakukan untuk memberikan Efek Jera terhadap para Pelaku yang sudah menjalani sidang di Pengadilan Negeri Tanjungpandan yang masing-masing Terdakwa dikenakan Denda yang berbeda.

“Untuk Terdakwa RT(34) dijatuhi Hukuman Denda 1,5 Juta Rupiah Subsidier atau 1 Bulan Penjara dan untuk terdakwa RS (37) dijatuhi Hukuman Denda 3 Juta Rupiah Subsidier atau 2 Bulan Penjara serta untuk Barang Bukti (BB) dirampas Negara untuk dimusnahkan.

“Ini kan kasusnya tindak pidana ringan. Selama ini dimaafkan tetapi tidak ada Efek Jera, sehingga dilakukan Sidang Tipiring di Pengadilan Negeri Tanjungpandan dengan biar Jera. Dengan Pasal yang dikenakan Pasal Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum Pasal 41.” Ujar Kabag Ops Polres Belitung Kompol Poltak ST Purba, S.IK, SH.

Sementara itu Kasat Sabhara Polres Belitung IPTU Abdul Haris dalam Kronologi penangkapan Tindak Pidana Ringan ini menjelaskan.

“Terdakwa RT(34) dan RS(37) diamankan oleh Unit Patroli Sabhara Polres Belitung di tempat yang berbeda pada Tanggal 16 Februari 2021.

“Untuk Terdakwa RT(34) sesuai dengan laporan dari Masyarakat bahwa diwarung tersebut menjual Minuman Beralkohol yang berlokasi dipasar Siburik, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Unit Patroli Sabhara berhasil mengamankan Pelaku pada pukul 20.30 Wib yang sedang duduk dan BB Minuman Beralkohol berjenis Bir Bintang berjumlah 20 (Dua Puluh) Botol dan Guinness berjumlah 8 (Delapan) Botol.

“Sedangkan untuk Pelaku RS (37) Unit Patroli Sabhara mengamankan ditoko tersebut di Jl. Diponegoro, Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung pada pukul 21.30 Wib dengan Barang Bukti (BB) Minuman Beralkohol berjenis jenis Bir Merk Angker sebanyak 10 (Sepuluh) Botol, Bir Merk Bintang Sebanyak 32 (Tiga Puluh Dua) Botol dan Bir Merk Guinness Sebanyak 11 (Sebelas) Botol.” Ucap Kasat Sabhara Polres Belitung.

Dalam Pendampingan Pelaku dan Barang Bukti (BB) Minuman Beralkohol saat Persidangan Tindak Pidana Ringan di Pengadilan Negeri Tanjungpandan didampingi oleh Bripka Yulizar (Penyidik Tipiring) Bripda Feryansyah, dan Bripda Haryanto.

(Red.KB)