Belitung Berita Heboh News

Peningkatan Proyek Jalan Dana APBD Yang Belum Lama Diselesaikan Pengerjaannya Sudah Rusak Dan Terlihat Asal Jadi

Belitung, kabarbelitung.co.id – Pekerjaan Peningkatan Jalan Lingkungan yang berlokasi di Desa Air Merbau, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, dengan Volume Satu Paket dengan Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2021 senilai Rp.1.941.847.00,00, Terkesan kurang Baik dengan kondisi cukup Memperihatinkan terhadap Mutu Ketahanan Lamanya.

Jalan Proses Pengaspalan Tersebut Hanya Digunakan Untuk Kepentingan Tertentu Yang Terdapat Hanya Satu Sampai Tiga Rumah Saja

Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan Lingkungan di Jalan Babusalam ll Desa Air Merbau Tahun Anggaran 2021 ini Dikerjakan oleh Kontraktor CV. CAHAYA INDRA mengunakan Dana APBD dengan Nilai Kontrak sebesar Rp.1.941.847.00,00, dengan Nomor Kontrak : 001/KONTRAK-SPPK/PERKIM APBD/2021 sedangkan Penanganan Preservasi Jalan tersebut saat ini berada di PERKIM/PPK Kabupaten Belitung.

Dari Pantauan Awak Media yang turun lokasi Proyek (06/08/2021) terkait dengan pekerjaan peningkatan Jalan Lingkungan di Jl. Babusalam II hingga tembus ke Jl. Permata V yang berada di Wilayah Desa Air Merbau, menemukan salah satu titik jalan yang sudah di Aspal terlihat jelas ada Kerutan yang menyerupai Keretakan dan sedikit Kasar.

Dan yang lebih terlihat lagi, dibeberapa Sisi Sepanjang Bahu Jalan yang sudah berbetuk Cor Beton juga terkesan dikerjakan Asal Jadi, Diduga tidak Mengacu pada Spek yang sudah Ditetapkan dan juga Mengurangi pada RAB (Rencana Anggaran Belanja) sehingga Mengakibatkan Mutu Cor Beton tidak kuat.

Dari hasil Pantauan Awak Media di lapangan ini banyak Ditemukan Keretakan Cor Beton yang ada di Bahu Jalan yang Mengakibatkan Kerusakan parah.

Bahkan terlihat dari Kerusakan tersebut terdapat Campuran Pasir dan Semen di bagian Bawah Cor Bahu Jalan yang Rusak itu tidak Mengering.

Dua orang Warga saat di temui dan di konfirmasi oleh Tim Awak Media Online dan Cetak mengungkapkan mengenai pekerjaan proyek ini. “La dade agik urang Nye mungkin la udah.

“Masalahnye Lauda muat Aspal dade agik Ningoknye, sebut Warga dengan Logat Bahasa Belitung yang Bertempat Tinggal tidak jauh dari Pekerjaan Jalan yang dikerjakan tersebut.

Dirinya juga merasa Khawatir jika Jalan dan Bahu Jalan dikerjakan tidak Kuat, belum lama saja sudah terlihat Kerusakan pada Pekerjaan itu.

“Kalau hanye asalan gawe ini (Pekerjaan) percume dak kan tahan lamak, ape agik kini Ade Mubel Paser Truk liwat nak ngatar Paser urang Ngembangun kan Cengkelong (Berbekas).” Ungkapnya sambil tidak mau disebutkan Namanya.

Sangatlah di Sayangkan Proyek Jalan yang umurnya belum lama itu diselesaikan pengerjaannya sudah Rusak, ditemukan pada hari Kamis (06/08//3021) dan terlihat tidak ada Perbaikan sama sekali dari Penerima Jasa, yang sudah 3 hari saat ini dibiarkan saja pada saat Tim Awak Media melihat kembali Dilokasi tersebut. Minggu (08/08/2021).

Tak hanya itu, Tim Awak Media menemukan kembali Titik lain Terkait Pekerjaan Peningkatan Jalan Lingkungan. Terlihat juga Jalan tersebut Panjangnya hanya kurang lebih 100 Meter dan Putus yang saat ini sudah selesai Dikerjakan.

Melihat kondisi dilapangan, Jalan tersebut hanya Digunakan untuk Kepentingan tertentu yang hanya Satu sampai Tiga Rumah saja.

Bahkan saat Dikonfirmasi Salah Satu Warga mengatakan, kalau itu adalah tempat Diam (Rumah) mereka yang Tinggal itu semuanya beli dengan Pemilik Perumahan.” Kata Warga tersebut dengan singkat, yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi Jalan yang sudah Dikerjakan itu.

Disamping itu juga, kurangnya Pengawasan dari Pihak Terkait mengenai Kegiatan Pekerjaan tersebut.

Selaku PPK ( Pejabat Pembuat Komitmen) Kabupaten Belitung mempunyai Tugas Pokok yang Berkaitan dengan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang Meliputi.

Dan juga Pihak Penerima Jasa atau Kontraktor dari CV. CAHAYA INDRA selaku Pelaksana dari Pekerjaan tersebut.

Sampainya Berita ini Diterbitkan. Tim Awak Media belum mendapatkan Respon dari Pihak Terkait mengenai Pekerjaan Peningkatan Jalan Lingkungan yang mengalami Kerusakan itu.

(Tim)