BANGKA Nasional News Sosial

Kolaborasi PT Timah Tbk dan Nelayan Kenanga untuk Membuat Rumpon Ikan dan Cumi di Bangka Belitung

Bangka, kabarbelitung.co id – PT Timah Tbk kembali berkolaborasi dengan kelompok nelayan untuk membuat rumpon ikan. Kali ini, PT Timah Tbk bekerja sama dengan Kelompok Nelayan Ridho Ilahi Bersatu, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kelompok ini membuat rumpon ikan yang nantinya akan ditenggelamkan bersama PT Timah Tbk. Sebagaimana diketahui rumpon merupakan salah satu media yang mampu menarik gerombolan ikan untuk berada di areal itu. Ada pula yang mengatakan rumpon menjadi rumah ikan yang bisa memudahkan nelayan untuk menangkap ikan.

Penenggelaman rumpon merupakan salah satu upaya PT Timah Tbk untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Ratusan rumpon telah dibuat oleh Kelompok Nelayan Ridho Ilahi Bersatu yang nantinya akan ditenggelamkan bersama. Rumpon yang mereka buat terdiri dari dua jenis yakni rumpon ikan dan rumpon cumi.

“Alhamdullilah, kami sangat bersyukur bisa dibantu oleh PT Timah dalam pembuatan rumpon ini. Dimana ada dua jenis rumpon yang kami buat, diantaranya rumpon ikan sebanyak 170 unit dan rumpon cumi sebanyak 37 unit,” kata ketua Nelayan Ridho Ilahi Bersatu, Karyadi.

Ia mengatakan, sebanyak 200 rumpon ini akan ditenggelamkan di enam titik di Perairan Laut Rebo. Ia menyebutkan untuk rumpon ikan akan ditenggelamkan sekitar 1-2 mil dari bibir pantai, sedangkan rumpon cumi 3 mil dari bibir pantai.

Menurut Karyadi, dalam membuat rumpon ini mereka bersama anggota kelompok sekitar 12 nelayan ikut terlibat dalam proses pembuatannya.

“Terus terang saja kami sangat terbantu sekali dengan adanya program dari PT Timah ini. Bahkan para teman-teman berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun. Sehingga pada saat kami tidak bisa melaut kami masih ada aktifitas untuk membuat rumpon seperti ini,” katanya.

Pihaknya bersyukur dengan adanya kolaborasi pembuatan rumpon bersama PT Timah Tbk pasalnya memiliki banyak manfaat bagi mereka. Bahkan dengan adanya penenggelaman rumpon ini, ratusan Nelayan dapat merasakan manfaatnya.

“Adanya banyak KUB yang akan merasakan manfaat rumpon ini, kalau untuk di Desa Kenanga sendiri itu ada sekitar 6 KUB, dengan masing-masing KUB itu ada belasan orang anggota, jadi jika dikalkulasi itu ada ratusan nelayan akan merasakan manfaat dari rumpon ini,” katanya.

“Rumpon ini sangat membantu kami dalam mencari ikan dilaut, sehingga tidak perlu jauh-jauh lagi untuk pergi melaut. Karena titik rumpon yang kami tenggelamkan ini jaraknya sangat dekat. Dengan banyaknya manfaat yang kami rasakan, kami sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada PT Timah,” ungkap pria tang kerap disapa Cak Yadi ini.

Cak Yadi ini mengatakan, potensi ikan yang ada diperairan laut Rebo cukup banyak dan jenisnya pun beragam seperti ikan kuning-kuning, kakap merah, kerapu, seminyak dan Jarang Gigi.

Sumber : Humas PT Timah Tbk.

(*/Red)