Belitung Kriminal News

Kejari Belitung Limpahkan Berkas Perkara Terdakwa Kasus Sijuk Ke Pengadilan Negeri Belitung

Belitung, kabarbelitung.co.id – Jaksa Kejaksaan Negeri Belitung melimpahkan Berkas Perkara Pidana Kegiatan penertiban Tambang ilegal di Desa Sijuk Kecamatan Sijuk Kabupaten Belitung yang terjadi pada November 2019 lalu. Senin (14/12/2020)

Tersangkanya adalah 8 Orang Warga Sijuk dan 1 Orang dari Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Hari ini Senin, Tri Agung selaku Penuntut Umum Kejari Belitung melimpahkan Berkas Perkara Terdakwa Kasus Sijuk ke Pengadilan Negeri Belitung.” Ujar Kasi Pidum Kejari Belitung Suwandi dalam keterangannya, Senin (14/12/2020).

Suwandi mengatakan penahanan 9 Orang Terdakwa perkara Pidana Sijuk ini telah beralih menjadi Kewenangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Belitung.

“Selanjutnya menunggu Penetapan Majelis Hakim yang akan menyidangkan Perkara ini dan juga penetapan jadwal persidangan dengan agenda pembacaan surat Dakwaan.” Ujarnya.

Pada Perkaranya para Terdakwa ini melanggar Pasal 170 KUHP dan atau 406 KUHP Juncto Pasal 55 KUHP terkait Tindakan Penganiayaan secara bersama sama serta Pengrusakan dan Pembakaran.

“Yang bertindak selaku Jaksa Penuntut Umum dalam Perkara ini diantaranya adalah Sanggam Colombus A,SH, M. aulia Perdana,SH,Tri Agung Santoso,SH , Yuli Redha,SH , dan saya sendiri.” Tegas Kasi Pidum Suwandi yang mewakili Kajari Belitung Ali Nurudin SH, MH.

(Yogi P)