Belitung Timur News wisata & budaya

Kasiter Kasrem 045/Gaya Hadiri Launching Paket Wisata Geosite Batu Begalang Di Kab. Beltim

Belitung Timur, kabarbelitung.co.id – Kasiter Kasrem 045/Gaya Letkol Kav. Mujahidin menghadiri Launching Paket Wisata Geosite Batu Begalang di Desa Kelubi, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Kamis (19/05).

Batu Begalang merupakan Geosite yang terletak di Desa Kelubi, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Geosite ini memiliki daya tarik berupa kekayaan Geologis yang khas seperti Madu Mapan, Batu Hiu, Batu Begalang, Batu Pelinang dan Bukit Pemantauan serta Kekayaan Biologis berupa Flora dan Fauna yang khas serta terdapat Hasanah berupa Budaya Kesenian Tradisional, Kuliner Tradisional yang telah dikembangkan berupa Kuliner, Kerajinan dan Madu Trans.

Adanya kekayaan Geologis, Biologis serta Kebudayaan Tradisional yang berpotensi dalam mengembangkan Potensi Kepariwisataan Geosite Batu Begalang dari pengelola dalam hal ini Desa Kelubi.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya
PJ Gubernur Prov Kep Babel diwakili UPTD Pengembangan Pariwisata Wil Beltim Apri Yuliansyah, SE., Bupati Beltim diwakili Asisten III Haryoso, SH., Ketua DPRD Beltim Fezzi Oktolseja, SE. MM, Dandim 0414/Belitung diwakili Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Trijoyo, Kapolres Beltim diwakili Kabag Ops, serta undangan lainnya.

Dalam amanatnya Bupati Beltim yang dibacakan oleh Asisten III Haryoso, SH mengatakan.

“Tahun 2021 pada Sidang Ke-211 Dewan Eksekutif UNESCO yang diselenggarakan secara virtual dan dipimpin dari Paris tanggal 15 April 2021, Geopark Belitong telah ditetapkan menjadi bagian dari Unesco Global Geopark (UGG).

“Dalam Geopark Belitong ditandai dengan menambah satu geosite yaitu Geosite Batu Begalang sebagai Geosite tambahan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Belitung Timur Nomor 188.45-366 Tahun 2022 yang ditetapkan pada tanggal 11 Mei 2022.

“Penambahan geosite Batu Begalang akan
menambah referensi Destinasi, yang mana diharapkan akan meningkatkan jumlah kunjungan Wisatawan ke Belitung Timur,” ujarnya.

(Red.KB)