Belitung Timur News

Kades Jangkar Asam Hadiri Rakor Tentang Tertib Administrasi Penduduk Pendatang, Meminta Surat Domisili Berlaku 3 Bulan

Belitung Timur, kabarbelitung.co.id – Kepala Desa Jangkar Asam Fahrizal menghadiri undangan dalam rangka Rapat Koordinasi tentang Tertib Administrasi mengenai Penduduk Pendatang di Desa dalam Lingkup Kecamatan Gantung. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim. Selasa (17/05).

Dalam Rapat Koordinasi ini, para Kades mengusulkan untuk Surat Domisili yang sekarang berlaku 6 bulan dan diminta menjadi hanya 3 bulan saja.

Dengan alasan Penduduk yang Non Permanen serin berpindah-pindah tempat dan menjadi kendala bagi RT dan Kadus, dengan adanya penduduk Non Permanen yang tidak puya Indentitas seperti KTP dan KK itu yang bayak dihadapi hampir di semua Desa.

Kabid Adminduk Kabupaten Beltim Bapak Bayu, dalam hal ini menyarankan agar di Data para Penduduk yang Non Permanen.

“Dan dilaporkan Kecapil Kabupaten Beltim, sehingga mereka bisa diurus Legalitasnya dan dari Adminduk Kabupaten Beltim akan turun langsung,” jelasnya.

Sementara Kades Jangkar Asam Bapak Fahrizal yang ikut hadir dalam Kegiatan Rapat Koordinasi tentang Tertib Administrasi mengenai Penduduk Pendatang di Desa dalam Lingkup Kecamatan Gantung mengatakan.

“Seperti yang disampaikan oleh bapak Bupati Beltim saat Pelantikan untuk mengindari adanya gesekan di lingkungan warga masyarakat.

“Dan terkait adanya Tertib Administrasi mengenai Penduduk Pendatang di Desa dalam Lingkup Kecamatan Gantung. Khusus di Desa Jangkar Asam tidak terlalu banyak warga pendatang dan sudah berkoordinasi dengan pihak RT dan Kadus setempat,” ujarnya.

“Khusus untuk RT dan Kadus di wilayah Desa Jangkar Asam di wajibkan untuk saling berkoordinasi dengan Penduduk yang datang yang tidak memiliki Indentitas.

“Dan untuk Surat Domisili dengan jangka waktu 6 bulan memanglah terlalu lama, mungkin dengan waktu 3 bulan sudah lebih dari cukup untuk Pendataan pemberian surat Domisili pendatang,” ujar Fahrizal selaku Kades Jangkar Asam.

Hadir dalam kegiatan Camat Gantung Bapak Mustopa, S.St., Kabid Adminduk Bapak Bayu, Danramil 414-03/Gantung diwakili Serma Mursalim, Kades Se-Kecamatan Gantung, Babinsa Wil Kecamatan Gantung, BPD Se-Kecamatan Gantung, Adminduk Desa Se-Kecamatan Gantung.

(Suhardi)