Kuliner

Jungkong Kaleng Bukan Kaleng – Kaleng, Asli Belitong.

Belitong, kabarbelitung.co.id – Menikmati jajanan Kuliner adalah Hal yang paling disukai oleh masyarakat. Seperti Hal nya Jungkong, makanan khas pulau belitong yang terbuat dari bahan dasar tepung beras menjadi  bisnis andalan yang ditekuni oleh Fitri. Jum’at (10/4/20).

Fitri (33) warga bebute kecamatan sijuk, menekuni Bisnis jungkong kaleng ini  sudah berjalan sekitar 5 tahunan , Dengan harga jual satu kaleng jungkong Rp. 3000,-, inilah sumber rezeki Fitri untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Jungkong yang dia tawarkan pun rasanya sangat nikmati sekali.

Saat diwawancarai kabarbelitung fitri menjelaskan bahan-bahan apa saja yang dipakai untuk membuat jungkong Kaleng ini.

” Bahan-bahannye adalah Daun pandan, tepong beras, gendum, gule paser, gule kirik Dan santan kelapa, Itula bahan yang di pakai untuk membuat jungkong,untuk tempatnye menggunakan kaleng susu yang telah dipotong. ” Jelas fitri dengan menggunakan logat belitong.

Dalam satu hari fitri Bisa menghabiskan kurang lebih 150 kaleng jungkong yang siap disantap.

Saat ditanya masalah pemasukan ditengah pademik ‘covid19 ini, Fitri juga merasakan dampaknya, terlihat dari penurunan omset  penjualan jungkong kalengnya saat ini.

” Ya benar tapi jangan terlalu khawatir juala, mun emang rezeki diri tetap untuk dirila.” Ucap fitri

Jungkong tersebut dijual dengan cara  pemesanan secara langsung , serta menjual secara online dengan memanfaatkan media sosial Facebook dengan nama akun ” Tengkuyong Duri “. (Rd).