Belitung News

Jumat Bersih DLH Kabupaten Belitung Melaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional mendukung Gerakan Bersih Drainase Dan Selokan

Belitung, kabarbelitung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung melalui Petugas Satgas Lebah Kebersihan Melaksanakan Kegiatan Jum’at Bersih Pelaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional serta dalam rangka mendukung Gerakan Bersih Drainase dan Selokan. Jum’at (23/10/2020) pagi.

Guna menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Belitung Nomor: 660.1/III9/II/2020 Tentang Jumat Bersih Pelaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional dengan membersihkan saluran Drainase (Bandar/Selokan/parit) atau selokan di lingkungan masing-masing dengan melibatkan Masyarakat setempat.

“Dalam melakukan Kegiatan Jum’at Bersih Pelaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional serta dalam Rangka mendukung Gerakan Bersih Drainase dan Selokan, juga di hadiri oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie yang ikut memantau Petugas Satgas Lebah Kebersihan turun dibeberapa Titik yang berada di Kecamatan Tanjungpandan.

“Sebelum hari pelaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional, para Tim Satgas Lebah sudah Berkoordinasi dengan setiap Desa/Kelurahan dengan mengajak Masyarakat untuk Bersih-Bersih saluran Drainase atau Selokan di Lingkungan Masing-masing.” Ujar Edi Usdianto,ST selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung kepada kabarbelitung.co.id.

“Sepanjang membersihkan saluran Drainase atau Selokan Khususnya di Wilayah Kelurahan Kampung Damai, Kampung Parit, dan Kelurahan Kota yang rawan akan Banjir, para Petugas Satgas Lebah Kebersihan berhasil mengangkut sampah jenis Plastik dan Rerumputan Liar sebanyak kurang lebih 4 sampai 5 Truk sampah.

“Sedangkan khusus di Wilayah Desa Se-Kecamatan Tanjungpandan, Masyarakat bersama Perangkat Desa dan juga Petugas Satgas Lebah Desa melakukan Kegiatan Bersih-Bersih Drainase dan Selokannya.” Ujarnya.

“Para Petugas Satgas Lebah Inti menemukan sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang Dangkal akibat Sedimentasi sehingga Berpotensi menjadi pemicu banjir ketika hujan.

“Untuk itu, kita dalam hal ini akan Berkoordinasi dengan Dinas PUPR setempat agar dapat melakukan Perawatan terhadap Aliran Sungai dan Sungai di Daerah yang Rawan akan Banjir. Kami berharap mereka dapat mempercepat Pekerjaan Perawatan Aliran dan Sungai Rawan Banjir sebelum akhir Tahun.” Himbau Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung ini.

Kegiatan Jum’at Bersih Pelaksanaan Peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional serta dalam rangka mendukung Gerakan Bersih Drainase dan Selokan juga didukung oleh Siswa Siswi MAN 1 Belitung dan Rombongan Anggota Pramuka Mansabel Gugus Depan 01.003-01.004.

(Red.KB)