Belitung News

Desa Ibul Ingin Membentuk Usaha Peternakan Selain Di Sektor Pertanian Dan Perkebunan Serta Objek Cagar Budaya Wisata Religi

Belitung, kabarbelitung.co.id – Memasuki Tahun 2021, Desa Ibul, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung Berharap bisa membuat Desanya bisa semakin Maju dan Berkembang.

Hal ini disampaikan Dedi Hendri selaku Kades Desa Ibul kepada Awak media kabarbelitung.co.id saat ditemui di ruang Kerjanya di Kantor Desa Ibul. Senin (11/01/2021) pukul 10.00 Wib.

Dengan berharap Desa Ibul bisa meningkatkan Anggaran Pendapatan Daerah (APD) Khususnya di Bidang Pertanian, Perkebunan maupun Peternakan dan juga memiliki Tangga Situs Raja Badau yang merupakan Objek Cagar Budaya dan Wisata Religi di Kabupaten Belitung.

“Harapan kami, dengan Kegiatan di Bidang Pertanian, Perkebunan maupun Peternakan ini bisa memberikan semangat bagi Masyarakat yang ada di Desa Ibul ini.

“Desa Ibul tidak ada yang bergerak di Bidang Pertambangan, walaupun disini terdapat IUP PT. Timah tetapi sudah tidak Aktif dan Masyarakat lebih terfokus kepada Bidang Pertanian dan Perkebunan, Contohnya Sahang atau Lada dan Perkebunan Buah lainnya.” Ungkapnya.

“Karena di Desa Ibul diapit oleh Kawasan Hutan Lindung, oleh karena itu kita ingin mewujudkan Desa Ibul ini mengembangkan juga di Sentra Peternakan.

“Seperti Peternakan Ayam Petelur yang sudah kita bentuk dan Laksanakan bersama para Perangkat RT, Kadus, maupun Masyarakat.” Ucap Kades Ibul ini.

Menurut Kepala Desa Ibul Dedi Hendri, di Desa tersebut pernah dibentuk Sektor Pertanian dengan menanam Padi di Persawahan oleh Kelompok Tani.

“Akan tetapi diatas Lahan Padi seluas kurang lebih 7 Ha tersebut selalu banjir akibat aliran sungai lebih tinggi dari Drainase yang mengakibatkan luapan air sungai mengenangi Persawahan.

“Dan dari hasil Musyawarah bersama para Perangkat RT, Kadus, dan Masyarakat Desa Ibul. Kita mau melatih Masyarakat ke Bidang Peternakan selain Pertanian dan Perkebunan.

“Contohnya diatas Lahan Desa maupun Reklamasi akan kita kembangkan Bidang Peternakan, baik itu Peternakan Sapi, Ayam Petelur ataupun Potong, maupun Beternak Ikan.

“Dan kita juga mempunyai Program, didalam Hutan Lindung yang terdapat di Desa Ibul akan kita ajukan menjadi Hutan Kemasyarakatan (HKM) bekerja sama dengan Instansi dan Dinas Dinas Terkait.

“Usaha apa saja kami akan lakukan asalkan dapat meningkatkan Ekonomi atau Pendapatan Masyarakat dan yang pastinya akan meningkatkan dan menambah PAD kita dan pastinya kita juga membutuhkan Bantuan Investor” Ujar Dedi Hendri.

“Nah, untuk usaha Ayam Petelur ini sudah masuk dalam Program kita di Desa, bagaimana mendorong Produksi dan Pengembangan Usahanya.

“Pertanian dan Perkebunan adalah Sektor paling penting di Desa ini, apalagi Warga disini sebagian besar adalah Orang-orang Petani dan Berkebun, sehingga perlu diperhatikan dengan cara pemberian atau Penyediaan alat Pertanian dan Bantuan lainnya untuk memudahkan Warga dalam Bertani.” Pungkasnya

(Red.KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *