Belitung News

Dari Hasil Rapat Internal Bupati Belitung, Sekolah Tingkat PAUD/SD/SMP Dialihkan Sistem Menjadi Sekolah ONLINE Atau Dari Rumah Mulai Tanggal 23 s/d 28 November 2020

Belitung, kabarbelitung.co.id – Tidak henti-hentinya saya H. Sahani Saleh, S.Sos., selaku Bupati Belitung sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung akan menyampaikan informasi dan kondisi terkini terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Belitung.
pada hari ini, Minggu, 22 November 2020.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung, kami perlu menginformasikan beberapa hal kepada masyarakat Belitung atas peristiwa bencana non alam Covid-19 di Kabupaten Belitung.

Mengingat dan telah kita ketahui bersama dalam 2 (Dua) pekan terakhir ini, terjadi peningkatan Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 yang cukup signifikan dari beberapa cluster di Kabupaten Belitung, khususnya di Kecamatan Tanjungpandan.

Untuk itu, dari hasil rapat internal Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung yang saya pimpin semalam, Sabtu, Tanggal 21 November 2020. Beberapa hal penting untuk menjadi perhatian dan ditindaklanjuti bersama, yaitu:

  1. Sekolah-sekolah mulai dari PAUD sederajat, ,tingkat dasar (SD/Sederajat) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat di Kabupaten Belitung, seluruhnya dialihkan sistem pembelanjarannya menjadi sekolah ONLINE atau dari rumah.

Efektif pelaksanaannya mulai Tanggal 23 (Dua Puluh Tiga) sampai dengan 28 (Dua Puluh delapan) November 2020. Dan, jangka waktu ini akan terus dievaluasi sesuai dengan perkembangan yang terjadi.

Murid tidak dibenarkan beraktifitas di Ruang Publik selama masa belajar dari rumah tersebut. Diharapkan agar orangtua dapat membatasi aktivitas anak di Ruang Publik dan memastikan agar anak mengedepankan Protokol Kesehatan, dikarenakan meningkatnya kasus anak-anak sekolah yang terpapar Covid-19.

Mohon kepada para orangtua dan masyarakat untuk dapat melakukan pendampingan, bimbingan, pengarahan, dan pegawasan dengan sebaik-baiknya.

Sedangkan untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

  1. Pemerintah Daerah bersama perangkat terkait akan bersama-sama melakukan penegakan disiplin secara tegas dan ketat untuk menggunakan masker bagi seluruh masyarakat Belitung selama beraktifitas. Dengan kata lain,
    diberlakukan sanksi bagi yang melanggarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  2. Aktivitas ekonomi bagi para pelaku usaha tetap dapat berlangsung dengan penerapan disiplin dan pengawasan aparat sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Telah terjadi Transmisi Lokal Covid-19 di Kabupaten Belitung saat ini. Untuk itu, bagi masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien-pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 yang pernah berada dalam satu ruangan lebih dari 15 (Lima Belas) menit, berdekatan dengan jarak kurang dari 2 (Dua) meter diharapkan untuk segera menghubungi Dinas Kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat. Dan, jika sudah ada gejala demam dan sesak nafas bisa datang langsung ke Pusat Deteksi Covid-19 RSUD dr. H. Marsidi Judono Kabupaten Belitung.
  4. Tim Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19
    Kabupaten Belitung terus melakukan tracing atau pelacakan, pemeriksaan secara ketat dan cepat terhadap semua potensi paparan Covid-19 yang terkait dengan pasien positif.

Penemuan angka positif yang baru adalah bukti bahwa pelacakan telah menemukan kasus-kasus positif terkait untuk mengamankan penularan kepada yang lain.

(Red.KB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *