Belitung Timur News

Danramil 414-02/Manggar Pantau Daerah Berpotensi Rawan Banjir Pasang Air Laut Disepanjang Pantai Dan Sungai Manggar

Belitung Timur, kabarbelitung.co.id – Danramil 414-02/Manggar Mayor Inf Djoko Lelono melaksanakan Monitor dan pemantauan serta pengecekan Daerah yang berpotensi rawan bencana banjir pasang Air Laut disepanjang pantai dan Sungai Manggar.

Pemantauan serta pengecekan Daerah yang berpotensi rawan bencana banjir pasang Air Laut yang masuk dalam wilayah khususnya Desa Baru, Desa Kurnia Jaya, Desa Mekar Jaya dan Buku Limau Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur. Rabu (13/01/2021).

“Monitor Daerah rawan bencana banjir air pasang karena cuaca Ekstrim yang dilakukan disepanjang pantai dan sungai Manggar yang merupakan daerah rawan bencana banjir Pasang air laut.

“Ini di lakukan sebagai langkah antisipasi akan terjadinya bahaya tanggul jebol maupun banjir akibat luberan air pasang dan sungai. Karena pada awal bulan tahun ini curah hujan sangat tinggi.” Ungkapnya

“Dari monitor dan pemantauan yang telah dilaksanakan memang ada beberapa rumah penduduk yang terendam air laut akhibat curah hujan dan pasang air laut antara 10 sampai dengan 40 Cm.

“Juga dengan tingkat kerawanan yang berbeda-beda, diharapkan peran aktif Masyarakat di sekitar pantai dan sungai Manggar, apabila terjadi bencana banjir pasang Masyarakat sudah waspada dan tindakan untuk menyelamatkan barang berharga dan jiwa.

“Warga agar selalu berhati-hati dan waspada, mengingat curah hujan masih tinggi, apabila sewaktu waktu terjadi banjir.” Ucap Danramil 414-02/Manggar Mayor Inf Djoko Lelono.

Dari pemantauan Danramil, memang ada beberapa titik rawan banjir, namun masih dalam kategori aman, ketinggian air masih sekitar 1 Meter dan kedalam air di rumah 10 Sampai dengan 40 cm,

“Diharapkan peran Aktif Masyarakat di Desa dan sekitarnya apabila terjadi bencana banjir agar segera melaporkan baik ke Desa maupun ke pihak pihak terkait.” Himbaunya lagi.

(Red.KB/DL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *