Berita Heboh

Bau Busuk Yang Menyengat Dari Limbah PT.PUS, Kades Sungai Samak Angkat Bicara

BELITUNG, Kabarbelitung.co.id- Berawal dari laporan masyarakat yang mengeluhkan bau busuk yang menyengat dari limbah PT. Pratama Unggul Sejahtera (PUS), Kepala Desa Sungai Samak angkat bicara, Selasa (21/1/2019).

Dikatakan Kepala Desa Sungai Samak Alex Saputra, bau busuk itu setelah sempat ia teliti, memang ada rembesan pada penampungan limbah di PT. PUS tersebut yang menyebabkan bau busuk.

“Jadi aku konfirmasi ke pada pihak pabrik bahwa perlunya langsung perbaikan, jangan sampai nanti limbahnya tumpah. Kita tau sendiri, sifat air itu kan selalu ke daerah yang lebih rendah, jangan sampai menuju ke sungai, itu yang kita khawatirkan,” ujarnya.

Menurut Alex, ia sudah melayangkan surat pihak pabrik untuk perbaikan rembesan penampungan limbah tersebut. Surat itu pun juga ditembuskan kepada Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Belitung dan Camat Badau.

“Kelanjutan untuk pernah ditindaklanjuti atau tidak dari DLHD, kami dari pihak desa belum pernah mendapatkan surat dari DLHD bahwa, bahwasannya mereka telah menindaklanjuti,” tukasnya.

Permasalahan Anlisis Dampak Lingkungan (Amdal) untuk PT. PUS sendiri, dikatakan Alex, pihak desa tidak pernah tau masalah tersebut. Padahal harusnya, untuk izin Amdal sendiri pihak desa tau dan ikut dilibatkan dalam pembuatan Amdal tersebut.

“Harapan kami, karena intensitas hujan yang kayak gini, harapan kita harus di perbaiki sistemnya, jangan sampai nanti limbahnya memasuki sungai dan ke laut, masalah tercemar kita tidak tau, itu bukan wewenang kita untuk menentukan itu,” tuturnya. (Hn)

loading…