Belitung Timur Kuliner News

Babinsa 414-05/Kelapa Kampit Monitoring Giat Pasar Tani Oleh Dinas Pertanian dan Pangan di Desa Senyubuk

Belitung Timur, kabarnelitung.co.id – Babinsa Desa Senyubuk Serda Robet Tri Wibowo Anggota Koramil 414-05/Kelapa Kampit, giat melaksanakan monitoring Pasar Tani yang di selenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Beltim bekerjasama dengan Perum Bulog. Bertempat di halaman gedung Serba Guna Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Beltim. Jumat (25/03).

Seizin PJs Danramil 414-05/Kelapa Kampit Serma Aripianto, giat Babinsa Desa Senyubuk Serda Robet Tri Wibowo dalam melaksanakan monitoring Pasar Tani mengatakan.

“Adapun barang dan harga yang di jual meliputi.

  • Beras Merah : Rp.15.000/kg
  • Beras Putih : Rp.11.000/kg
  • Ayam Beku : Rp.40.000/kg
  • Minyak Goreng : Rp.21.000/kg
  • Telur Ayam : Rp.1500/butir
  • Tepung Terigu : Rp.11.000/kg
  • Daging Kerbau Beku : Rp 80.000/kg

“Harga bahan pokok tersebut rata-rata Rp.3000 lebih murah, dan terjangkau di banding harga di pasaran,” ujar Babinsa.

Dalam kegiatan Pasar Tani, Agustian selaku Kabid Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Beltim menyampaikan.

“Pasar Tani ini dilaksankan dua kali sebulan atau dua minggu sekali dilakukan secara bergantian di 7 Kecamatan Se-Kabupaten Belitung Timur.

“Adanya kegiatan ini bertujuan menjaga ketahanan pangan pokok strategis di wilayah Belitung Timur, barang-barang yang di pasarkan bekerjasama dengan Bulog, CV Menara, dan Bumdes Sedulang Jaya Manggar.

“Ketersedian bahan pokok jelang bulan ramadan, dipastikan aman. Untuk minyak konsumsi masyarakat Belitung Timur 130 Ton, ada 600 Ton minyak goreng yang masuk ke Belitung.

“Adapun bahan pokok yang paling banyak dibeli oleh masyarakat Kecamatan Kelapa  Kampit adalah minyak goreng dengan harga perliter Rp.21.000,” ungkap Agustian.

(Red.KB)